Senin, 19 Oktober 2009

Sudah Efektifkah KBM di kelas?

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas diperlukan interaksi yang baik dari guru dan siswa. Tidak hanya itu, semangat siswa untuk menimba ilmu juga berpengaruh pada keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, harus ada yang mendukung agar siswa semangat belajar. Misalnya adalah situasi, lingkungan dan kondisi. Ketiga elemen ini memang penting, karena jika situasi, lingkungan dan kondisi tidak nyaman maka kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif.
Seperti pada gambar di samping, kegiatan belajar mengajar di kelas XI IPA 2 MAN Paron. Kegiatan belajar mengajar terlihat lancar. Tetapi sesungguhnya masih banyak keluhan yang datang dari para siswa. ”Sebenarnya kegiatan belajar mengajar di kelas kami sudah cukup lancar, hanya saja akan lebih baik lagi jika di kelas kami ada tirai untuk menutupi kaca. Karena cahaya yang masuk dapat terpantul ke papan tulis. Sehingga ada tulisan yang tidak dapat dibaca oleh sebagian siswa”. Ujar Istighfarin, salah satu siswi XI IPA 2. Kendala seperti ini meskipun sepele tetap saja berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar di kelas.

”Sebenarnya hal seperti ini pernah disinggung oleh wali kelas kami, bu Tik Ratna. Bahkan beliau telah mengusulkan untuk membeli tirai dengan uang kas kelas. Hanya saja teman – teman banyak yang tidak bersedia membayar uang kas secara rutin. Padahal uang itu juga akan kembali untuk kepentingan mereka”. Ujar Muchson Hanafi selaku ketua kelas XI IPA 2. Untuk menyelesaikan masalah ini, maka siswa juga harus sadar akan manfaat membayar kas, karena uang itu juga untuk kepentingan mereka. Selain itu, tak hanya siswa yang perlu diingatkan. Organisasi kelas juga harus berperan aktif dalam pembayaran uang kas, sehingga para siswa membayar kas tepat waktu. Karena apa yang mereka lakukan juga demi nyamannya situasi, lingkungan dan kondisi belajar. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar